CACAT MATA DAN CARA MENANGGULANGINYA

Rabun jauh (miopi)

Orang yang menderita rabun jauh dapat melihat dengan jelas pada jarak 25 cm tetapi tidak dapat melihat benda-benda jauh dengan jelas. Keadaan ini terjadi karena lensa mata tidak dapat menjadi pipih sebagaimana mestinya sehingga bayangan benda yang sangat jauh terbentuk di depan retina. Cacat mata miopi dapat diatasi dengan menggunakan kacamat lensa cekung. Lensa cekung akan memancarkan cahaya sebelum cahaya masuk ke mata sehingga bayangan jatuh tepat pada retina.

Rabun dekat (hipermetropi)

Orang yang menderita rabun dekat dapat melihat dengan jelas benda-benda yang sangat jauh tanpa berakomodasi, tetapi tidak dapat melihat benda dekat dengan jelas. Keadaan ini terjadi karena lensa mata tidak dapat menjadi cembung sebagaimana mestinya sehingga bayangan benda yang dekat terbentuk di belakang retina. Cacat mata hopermetropi diatasi dengan menggunakan kacamata lensa cembung. lensa cembung akan menguncukan cahaya sebelum cahaya masuk ke mata sehingga bayangan jatuh tepat pada retina.

Mata tua (presbiopi)

Mata tua (presbiopi) adalah cacat mata akibat berkurangnya daya akomodasi pada usia lanjut. Pada penderita cacat mata ini, letak titik dekat maupun titik jauh mata telah bergeser. Oleh karena itu, penderita presbiopi tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas dan juga tidak dapat membaca pada jarak baca normal. Mata presbiopi ditolong dengan kacamata yang berfungsi rangkap atau kacamata bifokal.

Astigmatisma

Cacat mata astigmatisma disebabkan oleh kornea mata yang tidak berbentuk sferik (irisan bola), melainkan lebih melengkung pada satu bidang daripada bidang lainnya (bidang silinder). Akibatnya, benda titik difokuskan sebagai garis pendek. Cacat mata astigmatisma dikoreksi dengan kacamata silindris.

No comments :